Articles Comments

{ Berbagi, Menulis, Dan Mengajar } Ilmu… » Jaringan Komputer » Virtualisazion Menggunakan Docker

Virtualisazion Menggunakan Docker

Pada Materi Kali Ini, Mahasiswa akan berkenalan dengan konsep virtualization, apa itu  virtualization ? apa itu docker ?, dan masih akan banyak pertanyaan yang tentunya yg harus dipahami oleh mahasiswa

1. virtualization

Konsep virtualization secara sederhana dianalogikan sebagai contoh dalam membangun sistem (rumah) virtual dengan memanfaatkan media fisik nyata. Virtualisasi Server adalah partisi dari sebuah server fisik ke server virtual yang lebih kecil untuk membantu memaksimalkan sumber daya (Memory) server Anda. Contoh virtualization yang pernah kita gunakan adalah konsep virtual machine, dimana mahasiswa sering berhadapan atau menggunakan Virtualboxsoftware menggunakan VirtualBox, Konsep ini awal mula dikembangkan dan diperkenalkan kepada mahasiswa untuk lebih mempermudah mahasiswa mengenal dan memahami sistem operasi lain ke dalam Sistem operasi utama. Biasanya virtualbox dijalankan ke dalam OS (Windows / Linux), Jika ODcokerS Utama Misalkan Windows 10, maka dengan menggunakan virtualbox kita dapat menginstall Sistem Operasi lain Seperti Linux, FreeBSD, OpenBSD dan lain sebagai-nya. Akan tetapi sistem ini lambat laun mulai ditinggalkan, dimana secara operasional Virtualbox membutuhkan banyak resource ketika kita ingin mengakses / mempelajari Sistem operasi yang lain di mesin / Host Utama.

Saat ini telah hadir konsep virtualization yang lebih modern dan lebih sederhana dalam memanfaatkan resource Host Utama yaitu dengan konsep virtualization pada level Kernel, Docker Machine Adalah Konsep Virtualization berbasis container. Docker Mulai Dikembangkan pada tahun 2009, tetapi project docker pada saat itu hanya untuk project internal Perusahaan dengan nama DotCloud.Inc, pada tahun 2014 Docker Mulai diperkenalkan kepada dunia IT, Dan Saat ini Docker sudah banyak di implementasikan di berbagai level platform pengembangan aplikasi.

2. Perbedaan Container vs Virtual Machine

Secara konsep prinsip dasar dari pengembangan virtualization adalah pengembangan manajemen memmory yang lebih efektif dan efisien dalam mengelola sumber daya baik itu dari level Jaringan sampai ke dalam level applicattion.  Gambar dibawah menunjukkan kepada kita perbedaan mendasar antara konsep Container dan Virtual mesin, dimana gambar sebelah kiri adalah gambaran konsep dari Virtual mesin, dan sebelah kanan adalah konsep Docker Container.

hypervisor1

container

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3. Installasi Docker

Untuk lebih mudah  dalam berlatih menggunakan docker, mahasiswa wajib melakukan installasi docker pada masing – Perangkat Laptop-nya, karena sebagian besar mahasiswa menggunakan OS windows, maka sebaiknya mahasiswa menginstall Docker For Windows. File installasi docker for windows bisa diperoleh melalui link berikut ini :

https://download.docker.com/win/stable/Docker%20Desktop%20Installer.exe

4.  Installasi Linux Container di Windows 10

https://docs.docker.com/docker-for-windows/

Filed under: Jaringan Komputer

Leave a Reply

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>