Articles Comments

{ Berbagi, Menulis, Dan Mengajar } Ilmu… » 7. Operating System » Mengganti Hostname pada Distro Berbasis Debian

Mengganti Hostname pada Distro Berbasis Debian

Gunakan Perintah ini

hostnamectl set-hostname new-hostname

EKSPERIMEN
– June 5, 2009
Mengganti Hostname pada Distro Berbasis Debian
Pernahkah ada keinginan dari anda untuk mengganti hostname dari sistem anda. Biasanya ketika kita menginstall misal distro ubuntu hostname kita akan menjadi username-laptop dsb. Nah bagaimana kita mengubahnya? Caranya sebenarnya cukup simple. Buka terminal anda klik Application » Accessories » Terminal

lug@username-laptop:~$ sudo gedit /etc/hostname
Nah disitu ada nama dari hostname lawas anda, ganti dengan yang baru misal stikom-surabaya. Sistem seharusnya mengupdate otomatis file /etc/hosts karena ada perubahan di /etc/hostname namun untuk memastikan buka saja file tersebut:

lug@username-laptop:~$ sudo gedit /etc/hosts
Cari string hostname lama anda jika ada lalu ganti ke hostname yang baru. Untuk mengecek kita dapat menggunakan perintah sysctl.

lug@username-laptop:~$ sysctl kernel.hostname
kernel.hostname = stikom-surabaya
lug@username-laptop:~$
Agar tampilan prompt bash juga berubah silahkan buka session bash baru dengan menekan kombinasi Ctrl-Shift-T. Seharusnya tampilan hostname pada bash akan berubah menjadi yang baru.

lug@stikom-surabaya:~$
Selamat Mencoba ;)

Filed under: 7. Operating System

Leave a Reply

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>